Peluang Kerja Bagi Sarjana Teknik Sipil

Seorang Sarjana Teknik Sipil yang dikenal dengan insinyur Sipil, dengan segala kompetensi yang dimilikinya memiliki prospek kerja yang luas baik di dalam maupun di Luar Negri.

Peluang Kerja di Bidang Infrastruktur

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berpotensi sebagai konsultan maupun sebagai konstraktor yang bertangguingjawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan diintansi pemerintahan, seperti Departemen dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bapenas, Bapeda dll.

Peluang Kerja di Bidang Pendidikan

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi Staf pengajar maupun peneliti di Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian maupun pusat-pusat pendidkan. Sarjana Teknik Sipil juga dapat menjadi Tenaga Pendidik (Dosen) jika tertarik melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Pasca Sarjana/S2).

Peluang kerja di Bidang Industri Energi, Pertambangan dan pengolahan

Sarjana Teknik Sipil juga dibutuhkan dalam hal penyediaan dan pemeliharaan berbagai fasilitas dan bangunan produksi. Banyak perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti : Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim yang merekrut Sarjana Teknik Sipil.

Bidang Lain

Sarjana Teknik Sipil juga mempunyai peluang untuk bekerja di berbagai bidang non keteknikan, seperti perbankan, dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang laiinnya.