Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Sipil S1 ITP

Kompetensi utama lulusan Program Studi Teknik Sipil S1 adalah mampu merencanakan, merancang, melaksanakan, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan di bidang rekayasa sipil yang berwawasan lingkungan.

Artinya lulusan Program Studi Teknik Sipil S1 :

(1) memiliki kompetensi mulai dari mengidentifikasi persoalan sesuai dengan dinamika di lapangan hingga menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bidang Teknik Sipil;

(2) mampu mengaplikasikan ilmu rekayasa sipil secara holistic terkait dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, dan pengawasan pekerjaan bidang konstruksi sipil mengacu pada konsep dan kaidah-kaidah dasar konstruksi yang berlaku.

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Teknik Sipil S1, yaitu:

(1) mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam bidang Teknik Sipil.

(2) mampu menguasai program aplikasi yang standar ataupun aplikasi program kekinian dalam mengolah informasi untuk keperluan rekayasa di bidang struktur,transportasi, geoteknik, bidang keairan dan bidang manajemen konstruksi.

(3) mampu bekerjasama dalam tim dengan bahasa komunikasi yang baik, serta memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi sebagai insan berilmu dan berkarakter dalam menyelesaikan segala permasalahan ketekniksipilan ditengah masyarakat dan lingkungannya.

(4) mampu meningkatkan kompetensi diri menjadi seorang yang profesional, beragama, beretika dan berkepribadian baik serta berwawasan lingkungan.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan Program Studi Teknik Sipil S1, yaitu :

(1) mampu mengembangkan diri untuk belajar ke tingkat yang lebih tinggi

(2) serta dapat membaca peluangdan membuka usaha sendiri di bidang jasa konstruksi teknik sipil.